Tags

, ,

Konsep Desain Rumah Minimalis akhir – akhir ini memang terlihat menjadi trend arsitektur rumah tinggal. Bahkan banyak arsitek yang menyatakan bahwa  konsep rumah minimalis akan terus menjadi trend desain rumah tahun 2013. Rumah – rumah dengan Konsep Desain Rumah Minimalis ini banyak terlihat bermunculan tak hanya di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan sebagainya namun juga di hampir seluruh pelosok negeri ini.

Meskipun desain rumah minimalis telah banyak digunakan, namun rasanya belum banyak yang mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya konsep desain rumah minimalis. Demikian juga bagaimana penerapan konsep rumah minimalis di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia.

KONSEP DASAR DESAIN RUMAH MINIMALIS

Konsep desain rumah minimalis sebagai salah satu gaya desain arsitektur merupakan pengembangan dari konsep desain arsitektur rumah dengan gaya modern. Konsep desain arsitektur rumah dengan gaya modern ditandai dengan pemilihan bentuk – bentuk massa yang sederhana seperti kubus, bulat dan sebagainya. Selanjutnya bentuk massa tersebut dimodifikasi dengan penambahan atau pengurangan pada bagian – bagian tertentu. Ada kalanya pada desain rumah dengan gaya modern dimasukkan juga unsur -unsur yang mewakili unsur teknologi. Warna – warna putih, krem dan warna – warna cerah juga menjadi salah satu ciri desain rumah modern.

Konsep desain rumah minimalis juga merupakan perwujudan gaya hidup dan pandangan manusia pada masa kini. Gaya hidup praktis, simpel adalah gaya hidup yang dianut oleh sebagian besar masyarakat saat ini. Tak mengherankan apabila dalam memilih gaya desain rumah, mereka juga cenderung memilih desain rumah yang berkesan praktis dan simpel. Konsep desain rumah minimalis merupakan jawaban dari keinginan dan kebutuhan manusia akan desain rumah pada masa kini.

Konsep Bentuk Massa Desain Rumah  Minimalis

Sebagaimana konsep dasarnya, maka konsep bentuk massa desain rumah minimalis juga memilih bentuk dasar yang simpel berupa kotak sederhana. Bentuk dasar tersebu bisa terdiri atas 1 kotak maupun beberapa kotak yang digabung dan dikomposisi dengan sederhana. Dalam pengembangannya bentuk dasar kotak tersebut bisa ditambah atau dikurangi yang biasanya dimanfaatkan sebagai elemen bangunan misalnya jendela, pintu, teras dan sebagainya.

Konsep Penataan Ruang Desain Rumah Minimalis

Konsep desain rumah minimalis tidak hanya diwujudkan dalam pemilihan bentuk – bentuk massa saja. konsep desain rumah minimalis mestinya juga terwujud dalam konsep penataan ruangnya. Rumah dengan konsep minimalis biasanya mempunyai penataan ruang yang simpel dan terbuka tanpa banyak penyekat ruang. Penyekat ruangan hanya digunakan pada ruang – ruang yang membutuhkan privasi seperti ruang tidur, kamar mandi dsb.

Dengan penataan ruang yang terbuka maka pada desain rumah minimalis hubungan ruang antar ruang menjadi seolah mengalir tanpa pembatas yang tidak perlu. Pemakaian perabot atau furnitur juga seminimal mungkin dengan dengan desain yang sederhana. Dengan demikian kesan ruang pada rumah minimalis menjadi lebih luas dan longgar.

Material dan Finishing Desain Rumah Minimalis

Pemilihan material dan finishing pada desain rumah minimalis juga diusahakan sesederhana mungkin. Pemilihan material dan finishing tersebut juga perlu mempertimbangkan aspek perawatan yang se-minimal mungkin.

Dinding – dinding polos tanpa ornamen atau hiasan menjadi salah satu ciri desain rumah minimalis. Pemilihan warna cerah yang  senada dengan aksentuasi warna menyolok juga dapat dilakukan untuk rumah minimalis.

Advertisements