Tags

, , , , , , , ,

Dalam beberapa tahun terakhir gaya desain rumah tropis dan gaya desain rumah minimalis menjadi trend gaya desain rumah. Mulai dari rumah – rumah mewah di permukiman elit hingga rumah – rumah tipe sederhana banyak yang mengusung tema desain rumah tropis dan desain rumah minimalis.

Memang sejatinya gaya desain rumah tropis merupakan respon desain sebuah bangunan khususnya rumah terhadap kondisi iklim yang ada di sekitarnya. Sedangkan gaya desain minimalis lebih merupakan “ selera “ gaya desain rumah seseorang. Dengan demikian gaya desain rumah tropis akan menjadi tidak tepat bila diterapkan pada daerah yang beriklim sub tropis misalnya. Namun gaya desain rumah minimalis dapat diterapkan pada kondisi ikim apa saja.

Meskipun esensi dari kedua gaya desain tersebut, namun dapat ditarik beberapa kesimpulan mengenai persamaan dan perbedaan kedua gaya desain rumah tersebut terutama dari sisi tampilan.

PERSAMAAN DESAIN RUMAH TROPIS DAN DESAIN RUMAH MINIMALIS

–      Warna

Pada rumah dengan gaya desain rumah tropis dan rumah minimalis keduanya cenderung banyak memakai warna-warna cerah dan terang. Warna – warna yang sering dipakai adalah krem, putih. Namun pada rumah minimalis biasanya ada bagian tertentu yang diberi warna mencolok seperti merah atau hitam sebagai aksentuasi.

–      Tata Ruang

Penataan ruang pada desain ruamh tropis biasanya cenderung menerapkan tata ruang yang terbuka tanpa sekat. Hal ini dimaksudkan agar udara dapat mengalir dengan lancar untuk mengurangi panas ruangan. Pada desain rumah minimalis juga menerapkan tata ruang yang sederhana tanpa banyak menggunaka sekat dan atau perabot.

–      Pencahayaan

Pemanfaatan cahaya alami pada siang hari merupakan salah satu ciri desain rumah tropis. Demikian juga pada desain rumah minimalis.

–      Sirkulasi Udara

Kebutuhan untuk mengurangi panas ruangan dengan pergerakan udara menyebabkab desain rumah tropis selalu mengutamakan pengaturan sirkulasi udara secara maksimal. Perletakan pintu dan jendela pada ruangan diusahakan bersilangan sehingga menimbulkan efek sirkulasi silang (cross circulation). Pengaturan sirkulasi udara pada desain rumah minimalis bertujuan untuk mengurangi penggunaan peralatan pengatur udara.

 

PERBEDAAN DESAIN RUMAH TROPIS DAN DESAIN RUMAH MINIMALIS

–      Atap

Atap pada desain rumah tropis bertujuan untuk melindungi bagian dalam rumah dari panas dan hujan. Bentuk atap yang banyak dipilih pada desain rumah tropis adalah bentuk atap miring dengan segala variasinya.  Ruang dibawah atap yang dihasikan dari bentuk atap miring yang disebut ruang bawah atap berfungsi sebagai penghambat panas agar tidak turun ke dalam ruangan.

Bentuk atap pada desain rumah minimalis sering berupa atap – atap datar sederhana dari bahan cor beton. Pemilihan bentuk atap datar biasanya dengan alasan untuk menyesuaikan dengan massa utama bangunan yang sederhana.

–      Dinding

Sesuai dengan gaya desainnya maka dinding pada desain rumah minimalis sering berupa dinding polos tanpa ornament. Sedangkan pada desain rumah tropis, dinding ada kalanya berupa dinding yang bisa “bernafas”. Dinding tersebut dibuat berpori dengan kisi- kisi maupun lubang – lubang yang didesain sedemikian rupa. Pemakaian batu alam juga banyak terdapat pada rumah tropis untuk mendapatkan kesan alami.

Advertisements